Sabtu, 19 Juli 2014

(Review) Annarasumanara: THE MOST EPIC MANHWA!

source


Halooo! Hari ini aku lagi on-fire tentang sebuah webtoon yang ada di Line Webtoon (di Mangafox juga ada kok) yaitu Annarasumanara! Itu komik paling epic yang aku pernah baca, dan gak nyangka, yang buat itu orang Korea! Biasanya kalau gambar manga, Jepang lebih bagus. tapi Annarasumanara berhasil menepis stereotip itu. Yang lebih gila lagi dari itu komik, si ilustrator bermain dengan 3 dimensi dalam komiknya! Dia bikin pola yang rumit dengan detail epik. Apalagi ceritanya itu anti-mainstream dan plotnya selalu bikin penasaran. Tambah keren abis lah. Gilaaa… apa gak perfect banget tuh komik? Makanya aku merasa sayang banget kalo gak ngereview si Annarasumanara buatan Il Kwon Ha.


Yang lebih gila lagi dari itu komik, si ilustrator bermain dengan 3 dimensi dalam komiknya! Dia bikin pola yang rumit dengan detail epik. Apalagi ceritanya itu anti-mainstream dan plotnya selalu bikin penasaran. Tambah keren abis lah. Gilaaa… apa gak perfect banget tuh komik? Makanya aku merasa sayang banget kalo gak ngereview si Annarasumanara buatan Il Kwon Ha.


Tadinya aku ngira Il Kwon Ha itu cewe soalnya gambarnya perfeksionis banget, eh rupanya cowo. Buset. Ada stereotip lain yang harus dihapus, wkwkwk.

source


SUMMARY!


Jadi Annarasumanara itu tentang Yun Ai, seorang cewe cantik tapi miskin yang hanya tinggal berdua sama adiknya. Papa Yun Ai kabur karena dikejar hutang. Sementara mamanya belum dikasitahu gimana kabarnya. Yang jelas Yun Ai selalu menulis surat kepada mamanya, lebih kayak diary sih.


Walaupun miskin, Yun Ai pinter dan rajin banget, jadi dia juara 2 umum di sekolah. Dia sebangku sama juara 1 umum di sekolah, Il Deung. Karena ganteng, populer, kaya dan pintar, Il Deung jadi sombong. Yun Ai ga punya teman, berhubung dia introvert. Dia fokus kerja magang, tapi di tempat kerjanya selalu kena masalah.


Suatu hari, dia dikasih duit sama bosnya. Terus pas lagi melihat duit itu, tiba-tiba aja duit itu terbang. Dia ngejar duit itu (saking butuhnya) dan entah kenapa malah kesasar ke sebuah karnival yang udah tutup. Karnival itu dipenuhi rumor kalo disana ada pesulap ganteng yang bener-bener ‘pesulap’, bukan pesulap ecek-ecek. Pesulap itu akan bertanya, “Do you believe in magic?


Dan ternyata, Yun Ai ketemu sama pesulap itu.

source
 Ganteng banget kan... Siapa yang gak jadi gak betah coba buat ngebaca komik ini buahahaha.



WHAT DO I LIKE?



  • Beda dari pada manga biasanya, komik ini berlatar hitam. Biasanya serba putih kan? Makanya kalo nih komik dicetak, bisa cepat bangkrut percetakannya. Butuh berapa ton tinta tuh, wkwkwk.
  • Komik ini ada permainan warna, gak melulu warna hitam. Bisa tuh, tiba-tiba semuanya serba ungu. Cantik bangetlah pokoknya.
  • Grafiknya cakep banget, bener-bener mendetail, sampe aku bingung kenapa Il Kwon Ha bisa gambar kayak gitu.
  • Plotnya bagus, anti mainstream. Udah bosen banget baca cinta-cintaan yang klise. Cerita ini realistis sekaligus magis di saat yang bersamaan. Gak bisa ditebak kemana arahnya.
  • Tiap episode eksekusinya bagus. Gak membosankan, tapi selalu ada perkembangan yang perlahan namun pasti. Aku gak suka cerita yang alurnya terlalu cepat. Baru menikmati orientasi eh udah disuguhkan klimaks. Il Kwon Ha bener-bener tahu caranya membuai pembaca dengan gambar, plot, dan kata-kata.
  • Diksinya itu lho. Beda banget dari manga yang biasanya diksinya itu simple apa adanya. Kata-kata di dalam komik ini kayak udah dipertimbangkan dalam-dalam.
  • Il Kwon Ha berani banget bermain dengan arah dan tiga dimensi. Dia nyelipin figur tokoh, gambar makanan asli, gambar mainan asli, de-el-el. Berani beda banget, kan?
source
 Ini nih...Permainan tiga dimensi si Il Kwon Ha.


WHAT DO I DISLIKE?


Gak ada, atau mungkin belum ada. Aku belum baca sampai selesai, karena kayaknya bakal panjang banget. Tapi serius komik ini flawless banget aaa rasanya pingin terbang ke Korea terus nyalamin mangakanya dengan harapan bakal ditularkan bakatnya. Wkwkwk. Aku gak ngerti Il Kwon Ha asah bakat dimana dan gimana sampe komiknya bisa jadi freaking amazing gitu. Ck.

Nih sebagai bonus aku kasih para pembaca terkeren gambar-gambar paling keren pula ;)

source
 
source

source

Jadi buat yang punya banyak waktu luang di hari libur, bagus banget untuk ngebaca Annarasumanara di mangafox di Line Webtoon :D Selamat terkagum-kagum, guys!

source
 

2 Thoughts:

Gadis salsabila mengatakan...

WAWAWAWAAAAAAWWWW DARI CUPLIKAN AJA AKU UDAH PENASARAN HEHEHEHEHE. langsung meluncur ke tkp~

oh ya, request review in blogku dong. ga maksa sih:3
nanti aku review juga punyamu :3 makaseh~
nih blognya: karungg-beras.blogspot.com

Mimi Hamada mengatakan...

wahh cari aahh... beda nih kayaknya...

Thanks infonya...

=======================================

Bergabunglah bersama kami, dengan CS yang Ramah Online 24jam,

Bddarat menyediakan pasaran :
-SINGAPORE
-NAGOYA
-WINA
-HONGKONG
-SYDNEY
-TORONTO

Minimal Depo WD Rp. 50.000,-

Hubungi Kami di :
Website : BandarDarat.com
Call Centre : +855-17-459008
YM : Cs_bandardarat
BBM : 2BE19266
Livechat : BandarDarat.com
Link Daftar : http://goo.gl/qhHE5V
Like Facebook : https://www.facebook.com/BandarDaratcom-484914535016763/
Join Grup : https://www.facebook.com/groups/557708171044424/

Posting Komentar

If this article are useful, please let me know! You have no idea how much words from you can affect a newbie blogger like me. I will happily accept every comments from you guys. Thank you and have a nice day!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *