Minggu, 16 Juni 2013

How to Be A (FAMOUS) Ulzzang



Ya, dengan randomnya saya memposting cara jadi ulzzang.
Memang Asha itu ulzzang? Gak. Mau jadi ulzzang? Gak juga (mau tapi malas). Terus ngapain posting beginian?
Untuk menambah populasi ulzzang di Indonesia! Tujuan yang mulia 'kan? *dimananya ya?

Oke, langsung saja kita merusuh! :)

Ulzzang itu apa, Sha?
Ulzzang dalam bahasa Korea artinya wajah terbaik. Walaupun begitu, yangtertarik menjadi ulzzang bukan Korea saja, tapi juga Jepang, Cina, Indonesia, Malaysia, Australia, Thailand, dll.

Apa asyiknya sih jadi ulzzang?
Well, ulzzang lebih seperti hobi. Dari menjadi ulzzang kamu bisa bertemu teman baru, melatih diri cara memakai make up, mengetahui tren terbaru (bahkan jadi trend-setter atau fashionista) dan terkenal. Tidak jarang ulzzang ditawari menjadi model lho, yang gajinya lumayan.

Wah, keren! Terus gimana caranya jadi ulzzang? 

Ini juga mau dibahas! -___- Makanya berhenti nanya, diem!

Catatan : Menjadi ulzzang bukan berarti menjadi orang lain. Memakai make up bukan berarti menutupi wajahmu. Tujuan Pege menulis ini bukan untuk mendorongmu 'mengganti identitas' tapi untuk mempercantik diri, bersenang-senang dan tetap jadi diri sendiri. Keep moving!

1. Tentukan konsep dan ciri khasmu
Kamu mau jadi ulzzang yang seperti apa? Ulzzang yang cute? Ulzzang yang cantik? Atau ulzzang yang tomboy? Dengan begitu kamu bisa memilih persiapan yang diperlukan sesuai yang kamu inginkan.

Perbedaan antara ketiga jenis ulzzang tersebut :
  • Cute : fokusnya adalah wajah, rambut, dan pose. Sah-sah saja berfoto kepala-pinggang atau hanya wajah. Hindari memakai make-up berat. Riasan bernuansa netral.
  • Fashionable : fokusnya selain wajahmu, aksesoris, pakaian, tas, dan sepatu juga dinilai. Kadang malah ada yang wajahnya ga ikutan difoto. Make up 'sedikit' lebih berat dari cute, tapi jangan sampai menor. Untuk pose tidak perlu memasang banyak gaya.
  • Tomboy : fokusnya adalah gaya tomboy. Semakin mirip seperti laki-laki,semakin bagus. Biasanya punya gaya swag (sombong). Untuk make up tidak perlu banyak, dan untuk baju cukup jadikan model di majalah/internet/TV sebagai patokan.
Dan untuk ciri khas, kamu bisa punya banyak. Misalnya kamu ulzzang dengan koleksi jam/sepatu/tas/topi keren. Itu bisa menjadi kelebihan sekaligus trade mark kamu ;)
Berikut contoh dari masing-masing ketiga jenis ulzzang tersebut, agar kamu mengerti.

Ulzzang Cute
Ulzzang Tomboy

Ulzzang Fashionable
    2. Siapkan perlengkapan (tapi siapkan budget dulu)

    Apa saja perlengkapan jadi ulzzang? Cukup banyak dan mahal, tapi sepadan kok!
    - Lensa kontak (izin dulu dengan orangtua dan dokter ya. Lensa kontak yang salah bisa meng-iritasi mata)
    - Eyeliner
    - Mascara
    - Mosturizer (agar wajah tidak kering saat memakai make up)
    - BB Cream  (seperti foundation/concealer)
    - Bedak
    - Blush on
    - Lip stick/lip gloss
    - Wig (kalau malas ganti model rambut)

    Banyak ya? Tapi lihat dong bagaimana semua itu bisa mengubah seseorang :

    Hahaha bercanda kok! Ingat catatan Asha tadi ya, keep being yourself!

    3. Be online

    Kemungkinan kamu menjadi terkenal itu ada, karena ulzzang di Indonesia masih sedikit (dan orang awam menerima dengan baik keberadaan cewe good-looking. Buktinya JKT48 aja banyak fans!) Jadi aktiflah di facebook, twitter, wechat, kakaotalk, line, blog, dan sebagainya. Tidak perlu buat fanpage, cukup buat akun khusus. Karena kalau kamu buat fanpage, itu memperkecil kemungkinan kamu berinteraksi langsung dengan fansmu. Tidak perlu online tiap hari, yang penting kamu punya tempat untuk dihubungi. Jangan lupa, rajin upload foto!

    4. JANGAN PERNAH SOMBONG

    Wih, Asha, ngapain di kepslok? Iya soalnya banyak orang yang setelah terkenal (atau sok terkenal), jadi sombong. Masalahnya, gak ada orang yang suka orang sombong. Akrabkan dirimu dengan fansmu, siapapun mereka. Lalu perlahan-lahan jelaskan apa itu ulzzang, dan sedikit promosi. Kalau mereka mengganggu, silakan remove. Jika mereka bertanya, jawablah sebisamu. Dengan sendirinya mereka akan mempromosikanmu dan orang lain pun ikut-ikutan fans sama kamu.
    Tapi orang terkenal 'kan harus ekslusif? Ya, tapi ekslusif itu bukan berarti sombong. Eksklusif itu saat kamu jarang bisa online, tapi sekalinya online kamu posting hal-hal yang keren abis. That's exclusive!

    5. Ikut kontes + daftar ke website ulzzang

    Ikut kontes, selain berhadiah tentunya turut mempromosikanmu. Sayangnya banyak website ulzzang yang memakai bahasa asing. Untuk ini, kamu bisa meminta bantuan temanmu, sampai kamu tahu cara log-in, upload foto, memberi komentar, log-out, dll.

    6. Kuasai bahasa asing

    Minimal bahasa Inggris, supaya kamu bisa go international. Kalaupun bisa belajar bahasa lain, pelajarilah bahasa Korea dan Jepang. Kotakoti yang bule saja menulis blognya dengan bahasa Jepang, karena target pembacanya memang orang-orang Jepang.

    7. Be Creative

    Silakan merambah ke dunia Youtube. Tapi kebanyakan ulzzang bermake-up/hair tutorial. Untuk apa? Toh di internet 'kan banyak? Dari situlah, kamu mulai berpikir kreatif. Mungkin kamu bisa cover lagu? Cover tarian Kpop? Buka toko online? Jangan ragu-ragu minta bantuan temanmu. Takut tersaingi? Untuk apa? Yang penting itu have fun while we're young :)

    See? Being ulzzang is not so hard. It takes time, though, but the point is : have fun and be yourself! Nobody like faker, everyone enjoy unique person :)

    At last but not least...




    Sumber gambar : ariskapue
    http://www.asianfanfics.com/story/view/123549/19/the-world-of-pretty-face-closed-for-request-ulzzang-gallery
    http://ulzzangzone.com/ulzzang/best-3-ulzzang-tomboy.html
    http://www.tumblr.com/tagged/female%20ulzzang?language=pt_B

    5 Thoughts:

    Unknown mengatakan...

    pakai oplas juga? sereeem :O

    Natasha mengatakan...

    Shakti Nugroho: gaklah, ulzzang gak oplas :D ulzzang itu murni make up, dan kadang ada yang pake photoshop ;)

    Unknown mengatakan...

    aku sih suka dg gaya ulzzang,tapi jarang ikutan kontest [-(

    Unknown mengatakan...

    Mau jadi ulzzang >.<''
    Tapi, masih belum cukup umur buat ber-makeup...

    Unknown mengatakan...

    nah itu masalahnya.. gak bisa make-up..

    Posting Komentar

    If this article are useful, please let me know! You have no idea how much words from you can affect a newbie blogger like me. I will happily accept every comments from you guys. Thank you and have a nice day!

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *