Selasa, 25 Juni 2013

(Sneak Peek) Fanfiction.net



Hai, apa kabar pembaca? Semoga baik ya, amin :)
Oke, karena tadi Asha udah bahas tentang fanfiksi untuk komersialisasi itu ilegal, sekarang Asha akan bahas tentang website fanfiction yang Asha suka jambanin.
Yang pertama Asha akan bahas adalah fanfiction.net atau yang sering disingkat FFN. Website yang udah berdiri sejak 1998 oleh Xing Li ini sudah menampung jutaan fanfic, 2.2 juta pengguna dengan 30 bahasa. Wikipedia sendiri menyebutkan bahwa Fanfiction.net adalah website fanfiction terbesar dan yang paling populer di dunia. Walaupun tidak semua orang Indonesia mengenal FFN, fanfic berbahasa Indonesia sudah rame. Asha sendiri sudah 2 tahun bergabung di website ini. Penasaran? Langsung aja ya!



Kelebihan FFN

1.Gampang dipakai dan diakses
Walaupun menampung banyak fanfic, FFN gak pernah lemot saat dibuka. Mempelajarinya cukup mudah, kalau kamu mengerti dasar bahasa Inggris.

2.Biasanya authornya ramah-ramah
Selama Asha menjadi anggota FFN, authornya baik-baik. Walaupun ada istilah senior dan newbie, tapi gak ada yang namanya bullying. Malah senior sering bantu newbie, kalau si newbie nanya dengan sopan. Jadi Asha bisa nanya beberapa hal tentang dunia menulis dari author senior (dengan catatan kalau mereka gak sibuk), dan berkenalan dengan author sebaya/newbie. Dan setelah Asha nanya di forum diskusinya, semua authornya pada betah di FFN :D

3.Umumnya kualitas fic-nya menengah ke atas
Penulis di FFN umumnya sudah mengerti cara menulis yang baik. Sebagian besar dari mereka gak suka tulisan alay. Asha juga udah sering menemukan fanfic yang bagus, yang bikin kagum, sedih atau ketawa sendiri saat membacanya. Fanfic yang kurang bagus tentu saja ada, tapi jarang.

4.Fasilitasnya cukup lengkap
Di FFN ada beberapa fasilitas, yaitu :

  • Private Message (PM), yaitu mengirim pesan pribadi antar author.
  • Profil tempat kita bisa menulis hal-hal tentang kita.
  • Kita bisa memberi alert untuk cerita bersambung, jadi saat cerita tersebut sudah di update, kita langsung tahu.
  • Kita bisa mem-favorite-kan author dan fanfic yang kita suka, dan sebaliknya.
  • Ada kolom review, yaitu komentar pembaca terhadap fanfic kita yang bisa kita langsung balas.
  • Kita bisa menampilkan sinopsis (summary).
  • Fanfic kita bisa diberi cover gambar yang kita suka.
  • Ada komunitas dan forum.
  • Bisa cross-over antar fandom. Ingin menggabungkan Death Note dan Spongebob? Go ahead.
  • Ada beta-reader, yaitu author yang bersedia mem-beta atau memberi masukan terhadap fanfic kita yang belum dipublish.

5.Belajar hal-hal baru
Karena Asha sering menjelajah di fandom animanga, gak jarang Asha belajar istilah Jepang dari situ juga. Asha juga belajar cara menulis yang baik, menambah variasi kata diksi, atau mendapatkan inspirasi dari membaca fanfic. Kalau Asha lagi rajin, Asha bakal mampir ke fandom bahasa Inggris dan belajar bahasa Inggris dari situ.


Kelemahan FFN

1.Adanya junkfic/plagiat
Junkfic adalah fanfic yang benar-benar junk (sampah). Isinya cuma ocehan gak jelas, tulisan yang aduhai ancurnya, dsb. Biasanya fic seperti ini dicuekin. Tapi kalau semakin banyak dan mengganggu, akan di report (dilaporkan) ke admin FFN agar dihapus.
Nah untuk plagiat, hal ini jarang ada. Makanya sekali ada langsung heboh. Dan author yang diplagiat fanfic-nya akan meminta author lain untuk sama-sama mengirim report kepada admin FFN untuk segera dihapus.

2.Tidak bisa menerbitkan fanfic dengan tokoh ‘real-person’
Yup! Kekecewaan yang Asha rasakan karena Asha rajin nulis fanfic Kpop. FFN tidak menerima fanfic yang ada orang asli di dalam fanficnya. Jadi kalau menulis fanfic film gak boleh dong? ‘Kan mereka orang asli? Bukan begitu. Misalnya aja kita nulis fanfic Harry Potter. Nah yang kita jadikan tokoh itu Harry Potter, bukan Daniel Radcliffe. Kalau kita menulis fanfic Daniel Radcliffe, itu akan dihapus oleh FFN (setelah ada report, tentunya).
FFN tidak ingin mengundang masalah makanya membuat larangan ini. ‘Kan kasihan, kalau FFN terkena masalah hak cipta dan ujung-ujungnya FFN ditutup, membuat authornya yang udah betah harus pindah website. Tuh, FFN yang cuma website aja melek hukum, gimana dengan penerbit Indonesia?

Nah, seru ‘kan gabung di FFN? Jangan tertipu sama tampilannya yang biasa, isinya luar biasa kok. Berikut tips bagi newbie di FFN ;)

1.Pelajari arti singkatannya

Arti singkatan di FFN itu banyak. Banyak tapi mudah dihapal. Awalnya Asha sama sekali gak ngerti apa-apa typo, AU, canon, drabble, dsb. Tapi setelah Asha baca kamusnya, Asha ngerti. Mudah banget soalnya :D

2.Deal with the flamer/troller
Flame = kritik. Flamer = pemberi kritik. Troll = pembuat masalah. Troller = si pembuat masalah.
Kalau kamu diberi flame yang isinya gak berguna, misalnya, “Eh fanfic lo jelek banget sih gue gak suka pairing yang lo buat! Apaan tuh si A sama si B?” itu berarti dia flamer aneh.
Kemungkinan besar dia lagi PMS (kalo cewe), atau lagi stress karena impoten (kalo cowo). Udah jelas-jelas di awal fanfic kamu tulis kalau fanfic kamu itu memakai pairing A x B, kenapa dia masih baca?
Tapi kalau flamer ini terus memberi flame di semua fanfic kamu, berarti dia troller. Entah dia ada dendam pribadi sama kamu atau sirik. Kalau troller kayak gini lebih baik kamu block/kamu buat akun baru.
Kalau kamu diberi flame yang membangun, ada baiknya kamu ingat. Agak nyelekit sih, tapi tidak ada penulis yang langsung berhasil. Harus melewati trial dan error dulu. Harusnya kamu senang ada yang berbaik hati menyempatkan diri mengkritik karyamu, untuk perkembanganmu selanjutnya.

3.Rendah hati bukan rendah diri
Tidak ada yang suka orang rendah diri. Hindari menulis ‘bad at summary’ di sinopsismu, walaupun emang jelek. Hindari juga menulis ‘warning : cerita jelek, plot abal, banyak typo, pasaran, diketik asal’ dsb. Plis, itu sama aja kayak bilang “Hei, aku punya novel lho, sinopsisnya gak menyakinkan, isinya ancur.” Nah kalau udah kayak gitu, siapa yang minat?

4.Report kalau dibutuhkan
Jangan ragu-ragu report kalau melihat ada fanfic plagiat atau fanfic yang melanggar guidelines (peraturan FFN). Daripada merajalela dan meresahkan yang lain, lebih baik dilaporkan agar dihapus admin FFN, sehingga authornya kapok dan belajar dari kesalahan.

5.Bersosialisasi
Rajinlah membaca fanfic dan memberi review, siapa tahu author bersangkutan akan me-review balik. Kalau tidak di-review balik, jangan kecewa. Niat utama meng-review itu 'kan untuk memberikan kritik dan saran, bukan untuk promosi.
Jika fanfic-mu mendapat review, selamat! Ini bisa jadi ajang berkenalan. Jangan ragu-ragu tanya apa fandom kesukaannya, sudah berapa lama di FFN, apa rekomendasi fanfic bagus, dll walaupun kelihatannya dia sudah senior. Tapi ingat, tetaplah sopan. Dan jika ada newbie, jangan jadi sombong hanya karena ingin disegani. Tetaplah bantu dia sebisa mungkin, karena bisa saja newbie itu punya kelebihan yang kamu gak punya.

FFN punya ‘adik’ lho, namanya Fictionpress.com, disingkat sebagai FPS. Nah FPS ini khusus menampung cerita dengan tokoh original author (bukan fanfic) dan puisi. Sayangnya FPS bahasa Indonesia masih sepi :’( Ayo kita ramaikan!


Sekian Sneak Peek dari Asha, semoga menambah informasi kamu ya :)



Sumber gambar : http://browse.deviantart.com/art/Writing-52793304

24 Thoughts:

Anonim mengatakan...

I like your style sista... :)

Nulisnya bener-bener berdasarkan pemikiran sendiri dan dari forum diskusi. Ngga kayak kebanyakan blog yang isinya cuma copas. #slapped

Pembahasannya seru lho, tapi saya kurang setuju sama point 3 di kelebihan FFn. Kalo untuk beberapa taun ke belakang setuju banget. Tapi untuksekarang ini... banyak author yang ngga tau aturan cara nulis dan lain sebagainya dengan alasan saya newbi jadi maklumi ya. Atau ada author yang nulis di fandom A tapi dia ngga ngerti sama sekali bagaimana karakteristik fandom tersebut. jadi ceritanya cuma numpang eksis doang.

Ngga memungkiri kalau newbie masih belajar, tapi dengan status newbie itu jangan dijadiin alesan juga buat bikin fanfic yang sekarep mereka. Kita juga dalam tulis menulis kan punya aturan. Jadi, yah seorang newbie pun harus berusaha memaksimalkan potensi mereka #cukuuuuup

Btw, gomen ya komentarnya panjang tak beraturan gini, OOT pula...

Salam hangat

~fresha

Natasha mengatakan...

@anonim a.k.a fresha awww, thank you very much :D aku masih belajar, aku butuh banget saran dan kritik kayak gini, sayang banget kamu anonim >.<

ini blog bukan forum diskusi jadi ga perlu khawatir OOT/gak :D

iya sih, tapi bisa menulis tanpa tulisan alay dan bisa mengerti cara tulis yang benar itu udah lumayan bagus untuk aku. banyak orang yang menulis masih plotholes, EYD ga benar, dan tanda baca hilang muncul. tapi di FFN mayoritas authornya udah ngerti smua.

btw, thanks for comment and visit :)

Jeinan Arum Salsabila mengatakan...

oh ini toh fan fiction , dulu temen gue sering buat dan sering baget gue baca di kelas, tapi detail-detailnya fanfiction itu apa gue waktu itu masih ga tau -,- #sigh . maklum katrok :p

Natasha mengatakan...

Jeinan Arum Salsabila: hahaha enak dong punya teman suka nulis fanfic :D gabung gih, seru lho :) thanks for visit dan komen ya ;)

aryantosaja@gmail.com mengatakan...

siip infonya terima kasih

Natasha mengatakan...

Aryanto hadi wicaksono: disebarkan juga ya :D

Intan Shafa mengatakan...

aku suka artikel ini :D
awalnya (dulu) waktu mau baca fanfic disitu suka bingung,tapi skrg udh ngerti kok, hehe :D

Unknown mengatakan...

Kak, Kalau FictionPress ada istilah'' nya juga seperti di FFN?

Unknown mengatakan...

Iya, kak, FPS masih sepi. Aku sih belum join. Kebanyakan authornya ke FFN semua hahaha

Natasha mengatakan...

intan shafa: bingung karena istilahnya? sama. tapi lama2 nanti terbiasa kok :D

Natasha mengatakan...

Mint Fhi: hampir gak ada adek, karena tokohnya ori, jadi ga perlu mikir AU, OOC, atau sebagainya :D paling typos #ngek

Natasha mengatakan...

Lynnelle Salim: join dong, kakak aja udah join ;))

Noni Setianingsih mengatakan...

baru tau fanfic tuh begini hihi soalnya suka diem sendiri kalo temen lg ngomongin fanfic mau nyela tapi takut dia marah udah cerita panjang2 hehehe

Shinichi Miyano mengatakan...

teruslah aktif, kak Asha! (o)
Jadi kesamber petir mbaca tips nomer tiga. ;-(

Unknown mengatakan...

Membantu sekali:3 akan aku coba! Ganbatte

Natasha mengatakan...

N O N I: takut bertanya sesat di jalan lho kak, xixixi :3

Natasha mengatakan...

Shinichi Miyano: oke kakak akan berusaha untuk terus aktif ;) wah kok bisa? sabar ya hehehe :D

Natasha mengatakan...

Febri anti: senang mendengarnya. yang smangat ya :))

fuyuhanacherry mengatakan...

aku setuju sama kak Asha!!! angkat obor

orang FFN memang ramah-ramah ... ^^

fuyuhanacherry mengatakan...

oiya kak Asha. Aku pengen dibuatin tips atau apalah agar penulisan FF nya rapih dan bagus ya!!!
udah pernah belum?

nao mengatakan...

kalo liat orang2 yg ngefavoritin/follow kita sbg author gimana, min?

Natasha mengatakan...

@ulya : hehehe makasih sayang :D belum, tapi kamu bisa cek di blog kakak yang ashadebora.blogspot.com ;)

@nao : wah kalo itu aku kurang tau soalnya aku belum publish apapun, habis hiatus sih, maaf ya! >.<

Unknown mengatakan...

Cara ganti PP gimana ?

Sella mengatakan...

Bantu jawab ya, biarpun udah telat banget.

@nao: untuk jumlahnya bisa dilihat di Traffic Stats-Legacy User Stats. Kalau ada akun yang fav/follow,setahuku akan masuk notif email dari FFn.

@Leaane: maksudmu itu avatar FFn? Kalau iya, baca aja panduannya di http://4869-nikazemaru.blogspot.co.id/2014/01/how-to-upload-your-avatar-in-ffn.html

Posting Komentar

If this article are useful, please let me know! You have no idea how much words from you can affect a newbie blogger like me. I will happily accept every comments from you guys. Thank you and have a nice day!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *